Jumat, 28 Oktober 2016

Logaritma dengan Domilog



Logaritma dengan Domilog
Kata yang terbersit dalam fikiran kita ketika mendengar kata “ bermain “ adalah senang. Memang bermain identik dengan rasa senang, kesenangan, menyenangkan. Menurut Garvey C. (1990). Play. Cambridge, MA: Harvard University Press., dari Wikipedia, ensiklopedia bebas, Bemain ialah suatu aktiviti dan kualiti fikiran dalam terlibat dengan pandangan dunia seseorang. Bermain merujuk kepada berbagai kegiatan sukarela, termotivasi intrinsik yang biasanya berkait dengan kesenangan dan keseronokan.
Permainan ini dinamakan dengan DOMILOG, yang sebenarnya diambil dari kata “ domino “ dan kata “ logaritma “. Seperti namanya, domilog adalah permainan yang terkait dengan logaritma yaitu materi pembelajaran matematika di tingkat SMA. Permainan ini tidak jauh beda dengan cara permainan domino. Pada dasarnya permainan domino adalah permainan untuk mengasah keterampilan berfikir tentang ilmu aljabar. Dari Wikipedia dijelaskan, Dominoes (or dominos) is a game played with rectangular "domino" tiles. The domino gaming pieces make up a domino set, sometimes called a deck or pack. A domino set is a generic gaming device, similar to playing cards or dice, in that a variety of games can be played with a set. The earliest mention of dominoes is from Song dynasty China, found in the text Former Events in Wulin.[1] Dominoes first appeared in Italy during the 18th century, and although how Chinese dominoes developed into the modern game is unknown. Italian missionaries in China may have brought the game to Europe (Wikipedia, the free encyclopedia)
Dominospiel.JPG
Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan (atau invers) dari eksponen atau pemangkatan (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas ). Dijelaskan pula bahwa :
Logaritma

ac = b → ª log b = c


a = basis


b = bilangan yang dilogaritma


c = hasil logaritma


Sifat-sifat Logaritma


ª log a = 1


ª log 1 = 0


ª log aⁿ = n


ª log bⁿ = n • ª log b


ª log b • c = ª log b + ª log c


ª log b/c = ª log b – ª log c


ªˆⁿ log b m = m/n • ª log b


ª log b = 1 ÷ b log a


ª log b • b log c • c log d = ª log d


ª log b = c log b ÷ c log a


Logaritma sering digunakan untuk memecahkan persamaan yang pangkatnya tidak diketahui. Turunannya mudah dicari dan karena itu logaritma sering digunakan sebagai solusi dari integral. Dalam persamaan bn = x, b dapat dicari dengan pengakaran, n dengan logaritma, dan x dengan fungsi eksponensial. (https://id.wikipedia.org/wiki/Logaritma)
Domilog merupakan salah satu bentuk alat peraga berbentuk kartu untuk keterampilan. Domilog secara jelas dimaksudkan untuk membuat siswa lebih terampil dalam mengingat, memahami, dan menggunakan konsep logaritma. Domilog merupakan jenis permainan  yang ringan dan memiliki penyelesaian yang rutin atau tetap. Materi logaritma pada jenjang pendidikan SMA menuntut siswa untuk mengetahui, memahami, menerapkan sifat- sifat logaritma. Dengan hanya melatih siswa melalui latihan- latihan soal, akan menjadikan siswa jenuh. Domilog yang ditampilkan dalam bentuk permainan akan mendatangkan keasyikan dalam belajar, tanpa mengesampingkan tujuan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru.
Bagaimana cara pembuatan kartu domilog ? Kartu domilog dibuat dari kertas marga dengan ukuran 5 cm x 8 cm pada setiap kartu.Satu set kartu domilog jumlahnya menyesuaikan banyaknya bilangan dasar yang sebelumnya kita tentukan . berikut ini adalah rancangan kartu domilog :

RANCANGAN TABEL KARTU PERMAINAN DOMILOG
NOMOR
1
2
3
4
5
1
2log 1
A
2 log 2
B
2 log 4
C
2 log 8
D
2 log 16
E
2
3 log 1
A
3 log 3
F
3 log 9
G
3 log 27
H
3 log 81
I
3
4 log 1
B
4 log 4
F
4 log 16
J
2 log 8
K
2 log 42
L
4
5 log 1
C
5 log 5
G
5 log 25
J
5 log 125
M
N
5
6 log 1
D
6 log 6
H
6 log 36
K
M
5 log625
O
6
7 log 1
E
7 log 7
I
7 log 49
L
N
O












Keterangan :
  • Kita tentukan banyaknya bilangan dasar yang akan dipasang, disini saya mengambil bilangan dasar 0, 1, 2, 3, 4, dan 5
  • Kita tentukan banyaknya baris dan kolom dengan rumus n(n+1)  dengan n adalah banyaknya bilangan dasar yang telah ditentukan.
  • Setiap kolom memiliki nilai logaritma yang sama, kolom 1, kolom 2, kolom 3, kolom 4, kolom 5 memiliki nilai berturut – turut : 0, 1, 2, 3, 4
  • Setelah semua kolom terisi, berilah tanda huruf- huruf dengan cara :
ü Tulislah A, B, C, D, E pada baris 1
ü Tulislah A, B, C, D, E pada baris 2 mulai kolom 1
ü Lanjutkan tulis huruf F, G, H, I pada baris 2
ü Tulislah F, G, H, I baris 3 mulai kolom 2
ü Tulis J, K, L pada baris ke 3
ü Tulis J, K,L pada baris 4 mulai kolom 3
ü Tulis M, N pada baris 4
ü Tulis M, N pada baris 5 mulai kolom 4
ü Terakhir tulis O pada kolom 5 baris 5 dan 6
  • Banyaknya kartu yang dapat dibuat adalah 15 kartu  dengan rumus {n(n+1)}/2; n adalah banyaknya bilangan dasar.
  • Pasangan kolom pada setiap kartu sesuai dengan huruf yang tertera, A dengan A, B dengan B, C dengan C dan seterusnya pada kertas marga.Seperti gambar berikut :



 

















Setelah kartu domilog selesai dibuat, langkah berikutnya adalah menentukan aturan mainnya. Berikut cara permainan domilog :
  • Permainan dimainkan oleh 2 atau 3 orang pemain
  • Bagikan kartu domilog sampai habis kepada pemain
  • Pemain pertama yang terpilih berhak meletakkan kartu diawal permainan
  •  Disusul pemain kedua menjatuhkan kartu sesuai dengan nilai pada kartu sebelumnya
  • Pemain ke tiga menyusul meletakkan kartu dengan nilai yang sama
  • Setelah selesai semua pemain mendapat giliran, maka permainan kembali dimulai dengan pemain pertama meletakkan kartu dengan nilai pada kartu yang terakhir diletakkan
  • Jika ada pemain ada yang tidak dapat “ jalan “ maka ia kehilangan kesempatan pada giliran yang ia mendapatkan haknya
  • Pemenang permainan ini adalah yang pertama menghabiskan kartunya
  • Sebagai catatan, kita dapat memperbanyak jumlah kartu dalam satu set domilog sesuai keinginan kita dan nantinya banyak kolom baris pada tabel di atas dapat menyesuaikan

Selamat Berkreasi !!!!!!

2 komentar: